Skip to content

Asiknya ngeblog lewat ponsel

November 29, 2008

Ponsel merupakan salah satu piranti yang sangat umum saat ini. Hampir semua orang punya benda kecil ini. Tapi mungkin hanya sedikit yang mampu mengoptimalkan fungsi ponsel. Banyak fitur2 ponsel yang sangat berguna,salah satunya adalah akses internet dengan koneksi gprs,edge,3g, ataupun hsdpa. Dengan semakin mudahnya akses internet mobile ini, semakin cepat pula arus informasi yang terjadi. Kini orang2 tidak hanya berminat menjadi pembaca,tetapi juga menjadi penulis. Saat kita tidak punya waktu ke warnet atau malas buka laptop kita bisa membuat blog hanya dengan bermodalkan ponsel kita. Sambil tidur2an di kasurpun, kita bisa menuliskan ide2 kita di blog milik sendiri. Semua postingan saya di blog inipun semua dikirim lewat ponsel. Lalu bagaimana caranya untuk ngeblog lewat ponsel? Mungkin sudah banyak orang yang tahu. Tapi tidak ada salahnya saya bagi2 info. Untuk memulai ngeblog, kita harus daftar dulu di situs2 yang menyediakan layanan blog. Salah satu situs yang populer adalah wordpress. Untuk mengirim postingan, lebih baik lewat http://m.wordpress.com menggunakan opmod 3.11 karena support multi window, dan edit txt. Dengan opmod 3.11 kita bisa membuat arsip tulisan kita dalam format txt. Caranya, pada halaman awal opmod tekan menu, halaman, content, trus text/semua. Lalu tekan opsi, hapus tulisan. Sekarang ada halaman kosong untuk kita mengetik ide2 kita. Kalau sudah selesai, klik opsi, export. Oh iya, untuk export hasil tulisan kita ke ponsel, ponsel kita harus support jsr 75. Dengan jsr 75, aplikasi pihak ketiga (baca:java,symbian) bisa mengakses memory ponsel kita. Tulisan kita yang sudah tersimpan di ponsel, bisa kita kirim ke wordpress. Caranya cukup mudah. Buka http://m.wordpress.com lewat opmod 3.11. Klik menu, menuju, file manager. Cari file txt yang akan kita kirim, buka,trus klik menu, edit, text/semua, opsi, edit, salin semua. Lalu tekan tombol back sampai pada form m.worpress.com yang tadi. Trus kita tinggal tempel tulisan yang sudah disalin tadi. Caranya klik opsi, edit, tempel. Sekarang tulisan kita siap untuk di terbitkan di wordpress. Bersambung…

16 Comments leave one →
  1. rock1825 permalink*
    November 29, 2008 5:42 am

    Untuk melakukan pengaturan, edit profil, akses ke http://wordpress.com sebaiknya lewat situs http://proxyspeeds.com. Sebab kalau kita akses web wordpress secara langsung lewat opmod 3.11 kita tidak bisa akses layanan wordpress secara penuh. Cara lain melakukan pengaturan di web wordress adalah dengan menggunakan browser opera mini 4.2. Menurut pengalaman saya browser ini mampu membuka http://wordpress.com sekaligus mendapatkan layanan penuh wordpress,kecuali untuk crop foto sebagai avatar. Dengan kata lain, untuk mengirim postingan lebih baik menggunakan opmod 3.11 dan untuk melakukan pengaturan, lihat statistik blog, edit profile lebih asik menggunakan opera mini 4.2. Nah, tunggu apalagi…ayo kita ngeblog

  2. November 30, 2008 4:40 pm

    Ayo ngeblog, dari ponsel pun bisa. Saya pernah login dari opmin modif, tapi nggak bisa masuk ke Dasbor, jadi saya pakai OPMIN 4.2 dan UCWEB.
    di tunggu sambungannya. Salam kenal.

  3. rock1825 permalink*
    December 1, 2008 12:06 am

    Salam kenal jg ya. Btw opera modif bisa kok buka dashbor, stat dll..asal buka wordpressnya lewa situs2 webproxy. Aku pake http://proxyspeeds.com

  4. April 29, 2009 7:22 pm

    Kok aq blm bs ya?

  5. April 30, 2009 6:29 pm

    iya bro, skrg opmod and proxyspeeds dah g bisa wat buka wordpress. Skrg gw pake http://webxcope.com

  6. pejuang2008 permalink
    May 20, 2009 7:01 pm

    Apa nokia 5300 sudah mendukung jsr 75?

  7. May 21, 2009 2:06 am

    5300? saya kuran tahu mas…coba aja pake browser standar, mampir ke friendster mobile truz coba upload foto. Kalo bisa, berarti udah support

  8. May 21, 2009 2:08 am

    cara lebih gampang, install aja opmod 3.12..truz kalo bisa akses file system, berarti hpnya support jsr 75

  9. Budi permalink
    May 21, 2009 11:56 am

    Hpnya bro rock apa,suport jsr 75 juga gak?,klo soner seri W suport g?

  10. May 22, 2009 12:47 am

    hp gw soner w200, dah support jsr 75. Semua soner tipe w dah support jsr 75 bro..

  11. Budi permalink
    May 26, 2009 1:51 pm

    Kalau blh tau keuntungan ngeblog ap si?, soalnya gw cuma tw ngeblog2 aja.

  12. May 26, 2009 4:56 pm

    keuntungan ngeblog? ehm…apa ya? Kalo bagi yg udah profesional and blognya rame pengunjung, bisa bwt cari duit scra online misalnya dgn mendaftarkan blognya di google adsense. Kalo bwt gw pribadi sih ngeblog cuma bwt belajar menuangkan apa yang kita tau ke dlm bentuk tulisan, biar orang laen jg jd tau apa yg kita tau…so simple

  13. Budi permalink
    May 27, 2009 12:35 pm

    Ok!! Coy

  14. October 27, 2009 10:01 pm

    Tapi pake hp susah bnget ngliatx. Hurufx kecil2. Tapi asik jg. Ni aq krm komenx pke hp.

  15. October 28, 2009 12:35 am

    iya sih kalo akses lewat hp mank banyak kekurangannya….selaen banyak flash yang ga jalan jg tulisan kecil2 bikin pusing. Keuntungannya bisa onlen sambil tidur2an di kasur…hehe. Btw thx dah mampir ke blog ane ya bro@PENCARI PENGUNJUNG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: