Skip to content

BANGSA BESAR, BANGSA MANDIRI

June 10, 2009

Belum lama ini, saya dibuat marah sekaligus sedih oleh salah seorang teman saya (sebut saja namanya K) di salah satu wapsite pertemanan. Di salah satu forum yang membahas tentang Megawati, dia mengatakan ”lahan di tangan orang indonesia bisa jadi apa? Bukankah selama ini kita tidak bisa benar2 lepas dari peran asing?”. Sontak saya terkejut, sedih bercampur marah…pemikiran macam apa ini, ada pemuda indonesia yang begitu merendahkan bangsanya sendiri. Menurut saya, sudah terlalu lama bangsa ini tergantung asing, yang tak jarang bisa mengintervensi kebijakan pemerintah yang ujung2nya justru merugikan bangsa indonesia sendiri khususnya masyarakat kelas bawah. Bukankah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa2 para pahlawannya? Wujud dari hal itu adalah mencintai bangsa, bangga terhadap bangsa, dan mandiri. Para pahlawan pastilah sangat sedih kalau sampai bangsa ini tergantung oleh asing. Bila terus-menerus begini bisa saja suatu saat indonesia dijajah, bukan penjajahan secara fisik tapi penjajahan ekonomi, budaya, pendidikan. Para pahlawan tentulah tidak mau indonesia dicengkram kekuatan asing untuk kedua kalinya. Tak lama kemudian saya balas pernyataan K tadi.
”Maaf bung, setahu saya yg goblok ini..bila kita mau bicara tentang negara, tentang kemakmuran rakyat..kita harus terlebih dahulu cinta dan bangga dgn negara kita. Sedangkan saya baca salah satu comment anda yg kira2 berbunyi: ”lahan di tangan orang2 indonesia bisa jadi apa?” Wah, terus terang di sini anda sangat2 merendahkan indonesia. Terus terang saya tersinggung, dan mungkin bukan cuma saya yang tersinggung. Apakah anda mengira di indonesia tidak ada orang yang mampu mengelola lahan? Kalau saya yakin bahwa indonesia memiliki banyak orang2 pintar dari berbagai background. Dan saya juga yakin orang2 indonesia bisa mengelola lahan jika ada kesempatan dan tentu saja akses modal (bisa jg modal berasal dari penutupan kebocoran devisa). Nah, bagaimana tanggapan anda tentang ini bung?@K”
Sampai saat ini K tidak juga menanggapi pernyataan saya itu. Entah dia tidak sanggup menanggapinya atau belum punya ide untuk menanggapi. Indonesia adalah negara yang kaya. Jika kita bisa mengelola sumber daya alam tersebut tanpa campur tangan asing, kemudian memanfaatkannya benar2 untuk kepentingan rakyat, saya yakin indonesia bisa menjadi negeri yang makmur. Untuk itulah, kita sebagai generasi muda harus bangkit, bangun kemandirian bangsa Indonesia ini.

No comments yet

Leave a Reply

