Skip to content

POSTING TULISAN PANJANG KE BLOG VIA OPERA MODIF

October 10, 2009

Bagi yang hobi ngeblog via hp, pasti kenal browser yang satu ini. Opera modif (opmod) memang browser yahud yang support copy paste, file manager, ftp, and multi windows yang sangat bersahabat dengan para blogger mobile. Urusan posting di blog bisa kita tangani dengan browser mungil ini. Salah satu hal yang menjadi kendala dalam posting via opmod adalah keterbatasan karakter. Di hp SE w200 yang saya gunakan, jumlah maksimal karakter adalah 2475 (jumlah karakter tergantung hp). Tentunya hal ini sangat mengganggu saat kita hendak memposting tulisan yang panjang dan melebihi jumlah karakter tersebut. Tapi tenang saja, saya punya solusi jitu menangani masalah ini, yaitu:
1. Klik #8, pilih angka 2475 pada size of text field dan 2048 pada size of text block. Tujuan dari hal ini adalah supaya kita bisa tetap mengedit tulisan di tengah tanpa takut kehabisan karakter.
2. Siapkan tulisan yang akan kita posting, Kita bisa membuat tulisan dalam format txt via opmod. Caranya klik menu, go to, file manager, menu, operation, new file. , beri nama file diakhiri dengan .txt, klik ok. Kemudian klik keypad 5 pada file txt tadi, menu, edit, text all…silahkan ketik tulisan. Usahakan jumlah karakter tulisan dibawah 2200. Setelah selesai, klik ok, menu, save. Untuk membuat tulisan lanjutannya, caranya sama seperti di atas. Jadi misalnya kita mau membuat cerpen ”Aku dan tegar”, cerpen yang panjang tersebut kita pisah2 menjadi beberapa bagian yang muat untuk dicopas via opmod.
3. Masuk ke blog, menuju ke posting tulisan, paste text cerpen bagian 1 yang sebelumnya sudah dicopy, klik oke. Kemudian buka file txt cerpen bagian 2, copy. Masuk ke form posting tulisan yang sudah ada cerpen bagian 1, beri spasi, opsi, next, opsi, edit, paste text. Untuk copy paste bagian selanjutnya, caranya sama saja. Jika sudah selesai copy paste, klik ok. Teliti tulisan sekali lagi untuk menghindari kesalahan2 ketik ataupun menambah ”read more” kemudian klik ok…tulisan siap dipublish. Kini kita bisa memposting tulisan yang panjang ke blog via hp.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: